Jumat, September 30, 2011

Burung Manyar

Studi terbaru mengungkapkan, burung manyar Afrika (Ploceus velatus) membuat sarangnya berdasarkan pengalaman.

Para peneliti dari Edinburgh, Glasgow, dan St. Andrews University telah mempelajari perilaku burung manyar Afrika ketika membuat sarang melalui video yang direkam di Botswana. Menurut Dr. Patrick Walsh, ilmuwan dari Edinburgh University, perilaku burung tersebut memperlihatkan bahwa mereka benar-benar belajar dari pengalaman ketika membuat sarang.

Kesimpulan Dr. Walsh itu diperoleh setelah melihat teknik yang berbeda dari setiap burung saat membangun sarangnya. Selain itu, beberapa ekor burung tampak membuat sarang dari kanan ke kiri maupun dari kiri ke kanan. Seiring dengan semakin bertambahnya pengalaman, burung-burung tersebut semakin jarang menjatuhkan bilah rumput yang digunakan untuk membuat sarang.

Fenomena itu bertolak belakang dengan dugaan bahwa burung membuat sarang secara naluriah sehingga menghasilkan bentuk sarang yang sama. "Burung manyar Afrika menampilkan variasi yang sangat kentara dalam pembuatan sarang, sekaligus menunjukkan secara nyata bahwa mereka belajar dari pengalaman," jelas Dr. Walsh.
Burung Manyar Membuat Sarang
Hasil studi terbaru mengenai perilaku burung manyar Afrika ini telah diterbitkan dalam jurnal Behavioural Process. (Sumber: BBC News)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar