Senin, Mei 14, 2012



Dah lama nie gak posting, ternyata tampilanya baru dan cukup buat bingung... (he...he... maklum blogger pemula). Tertarik posting setelah baca artikel di blog tetangga tentang Dampak Psikologi lagu Dewasa untuk Anak-anak, saoalnya di sekolah setiap belajar SBK ketika anak-anak disuruh menyanyikan sebuah lagu bebas tidak ada yang menyanyikan lagu anak-anak tetapi justru mereka lebih memilih lagu-lagu dewasa yang bertemakan CINTA,,,, (anak jaman sekarang ya... mereka gx ada yang tau lagu anak-anak....ckckck).


Jika dibiarkan terus menerus anak-anak menyanyi lagi dewasa tanpa filter dan pendampingan dari orang tua, dikhawatirkan akan mempengaruhi psikologi tumbuh kembang anak.


Orangtua harus tahu efek psikologis yang akan dialami anak-anak jika dibiarkan begitu saja mendengarkan lagu orang dewasa tanpa pendampingan. Tanpa pendampingan orangtua, anak-anak akan mencari tahu arti lirik lagu yang mereka dengar. Wajar, jika mereka punya rasa ingin tahu yang besar. Tetapi apa jadinya, jika mereka telah terbiasa dengan kata cinta, cium, peluk, dan sebagainya yang sering kali kita temui dalam lirik lagu dewasa?

Tak jarang mereka akan bertanya-tanya arti lagu atau arti kata yang mereka temui. Dan tak jarang pula mereka akan bertanya ke lingkungan pergaulan terdekat, yakni teman. Karena sama-sama tak tahu maka timbul pemahaman yang salah. Tentu saja, pemahaman yang salah ini akan berdampak pada tutur kata dan moralitas anak. Apalagi, di usia tersebut, anak-anak mampu menyerap informasi secara cepat, laksana spoon/busa menyerap cairan. Jika terpapar kata-kata kasar atau tak senonoh, maka akan mudah melekat dalam benak. Mereka akan selalu ingat apa yang telah direkam dalam memorynya.

Untuk itu perlu adanya upaya, minimal dari orangtua, untuk senantiasa mengawasi sekaligus mengarahkan perkembangan anak. Karena lagu tak sekadar hiburan, lagu mempengaruhi setiap pendengar. Beri pemahaman dengan kata-kata yang mudah dia terima sesuai usianya. Ini tentu saja bukan hal mudah, dan merupakan PR bagi kita sebagai orang tua.

Semoga bermanfaat!

Sumber : http://seputarduniaanak.blogspot.com/2012/01/dampak-psikologis-lagu-dewasa-pada-anak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar