Rabu, Juli 11, 2012



Kemegahan dan kebesaran Candi Borobudur diakui dunia, belum ada satu negara pun yang memiliki candi yang besarnya melebihi Borobudur. Guinness World of Record pun resmi mencatatnya sebagai situs arkeologi, candi Budha terbesar di dunia.

Direktur Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Prambanan Ratu Boko (Persero), Purnomo Siswoprasetjo, mengatakan proses penilaian Candi Borobudur menjadi situs arkeologi candi Budha terbesar di dunia sejak tiga bulan yang lalu.

"Candi Borobudur memang the largest archaeologist Buddhist yang ada di dunia. Oleh sebab itu, kami menghubungi pihak Guinness World Records untuk mendaftarkannya," katanya dikutip dari VIVAnews. Harapannya setelah masuk buku catatan Guinness World Records Borobudur bisa langsung masuk ke jaringan mereka yang berpusat di London.


"Pastinya dengan masuk Guinness World Records, Candi Borobudur akan semakin dikenal di dunia," kata Purnomo.

Makin mahsyur Borobudur, diharapkan makin banyak jumlah wisatawan yang berkunjung ke candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah itu. "Orang bisa semakin mengenal dan bisa mengetahui kalau Candi Borobudur memang candi yang paling besar," tuturnya.

Catatan Guinness World Record juga menambah gelar bagi Borobudur. Sebelumnya, situs bersejarah ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Pencatatan Guiness World Record dilakukan pada 27 Juni 2012. Borobudur memiliki ukuran 123x123 meter persegi (403 x 403 kaki) dan volume bangunan sebesar 60.000 meter kubik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar