Senin, Juli 09, 2012


Dalam proses belajar mengajar di sekolah, khususnya pelajaran IPA di laboratorium, dibutuhkan alat-alat pendukung seperti mikroskop. Namun, mikroskop merupakan alat pembelajaran yang relatif mahal. Pengadaan di sekolah tidak sebanding dengan banyaknya jumlah siswa.

Prinsip kerja mikroskop ini adalah pembesaran obyek yang dilakukan dua lensa cembung, yaitu lensa obyektif di dekat preparat (obyek renik yang diamati) dan lensa okuler untuk pengamatan di dekat mata.

Potongan plastik



Untuk membuat mikroskop rekaan digunakan botol plastik kemasan minuman yang memiliki sedikitnya tiga alur horizontal melingkar. Bagian alur cembung pertama dan ketiga dipotong secara horizontal.
Dari potongan yang semula berbentuk tabung, dipotong lagi pada satu bagian melintang secara vertikal sehingga menjadi lembaran.

Lembaran itu disisihkan sebagian. Caranya, dengan memotong lekukan pertama dan ketiga hingga dua pertiga bagian. Pemotongan ini menyisakan satu alur di tengah yang tetap menyatu dengan sepertiga bagian yang semula. Alur yang ada di tengah dari hasil pemotongan itu nantinya ditekuk dan dimanfaatkan untuk membentuk lensa okuler.

Pembuatan lensa okuler dilakukan dengan cara membentuk lubang transparan di antara warna hitam. Warna hitam diperoleh dengan mewarnai plastik dengan menggunakan spidol permanen.

Pada mikroskop, lensa obyektif ataupun lensa okuler sama-sama merupakan lensa cembung. Lensa obyektif menghasilkan bayangan semu, terbalik, dan diperbesar. Bayangan akhir yang makin diperbesar, posisinya sama dengan obyek yang diamati, dapat diperoleh melalui lensa okuler.

Mengamati Sel bawang merah

Lapisan kulit ari bawang merah dibuat setipis mungkin, kemudian ditempatkan sebagai preparat pada bagian luar lensa obyektif dari lapisan plastik botol tersebut.

Pada lapisan dalam ditetesi air bersih sehingga membentuk lensa cembung. Pengamatan sel bawang merah dengan cara diarahkan ke sumber cahaya.

Cahaya yang cukup pada preparat berguna untuk memperoleh hasil pengamatan sel yang terpisah satu sama lain. Lazimnya mikroskop, fungsi pencahayaan diatur oleh lensa kondensor.

Mikroskop ini juga digunakan untuk pengamatan spora sebagai alat reproduksi tumbuhan perintis lumut.
Meskipun belum diukur kemampuan pembesarannya, mikroskop sederhana dari botol plastik kemasan minuman ini bisa menjadi alternatif pengganti mikroskop secara murah dan mudah. Selain bisa mendalami pelajaran biologi, kepercayaan diri siswa pun makin meningkat.
                                     
Sumber: Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar