Selasa, September 25, 2012




Proses penuaan sebenarnya sudah terjadi pada usia dua puluhan akan tetapi masih berjalan sangat lambat. Seiring pertambahan waktu grafiknya akan terus naik dengan cepat. Tingkat kecepatan proses itu pun berbeda pada setiap usia dan juga perempuan. Proses penuaan pada setiap individu ada yang berjalan cepat hingga lambat.

Ada banyak faktor yang memengaruhi proses penuaan pada perempuan, mulai dari ras, gen hingga gaya hidup. Intinya dengan mengetahui perubahan yang terjadi pada kulit sesuai usia, maka kita akan dengan mudah mengambil langkah perawatan yang tepat seiring usia.Terlihat lebih muda selama mungkin itu adalah impian setiap perempuan.

 
Usia 20-an
Masa Ini proses penuaan terjadi dengan sangat halus (hampir tak kelihatan tanda-tandanya). Pada usia 20-an, garis ekspresi sudah mulai terlihat tipis dikarenakan jaringan kolagen dan elastin mulai rusak. Kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari juga mulai muncul. "Bahkan jika tanda-tanda penuaan tidak terlihat, penting untuk mengambil langkah melindungi kulit Anda," saran Dr. Debra Jaliman, penulis Skin Rules: Trade Secrets from a Top New York Dermatologist.  Krim yang mengandung antioksidan, facial scrub, facial microdermabrasion serta tabir surya adalah perawatan yang wajib buat Anda. "Gunakan tabir surya meski Anda tidak berada di luar," saran Dr. Hayes B. Gladstone, dari Berman Gladstone Skin Institute, California, AS.

Usia 30an
Meskipun kulit Anda mungkin masih terlihat 'kinclong' dan bercahaya, garis-garis halus mungkin hanya berada sekitar mata dan dahi, serta garis ekspresi lebih dalam terlihat dibandingkan usia 20. "Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kulit Anda adalah melembapkan kulit dengan krim yang mengandung tabir surya minimal SPF 30," imbuh Dr. Jaliman. Non-ablatif laser dapat dijadikan pilihan untuk membuat kulit lebih bercahaya atau untuk menyamarkan garis-garis halus.

Usia 40-an
Ini adalah dekade ketika kulit mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan, terutama jika Anda terkena radiasi UV tanpa perlindungan saat Anda muda. Bintik-bintik dan pigmen gelap di kulit mungkin sudah muncul, sementara pori-pori dan kelenjar minyak lebih menonjol. Dr. Jaliman mengatakan, menggunakan produk dengan retinol sebagai bahan utama sangat penting untuk membantu mengurangi garis-garis halus dan memperbaiki tekstur kulit Anda. Perawatan lain yang perlu dipertimbangkan termasuk photofacials (IPL atau intense light therapy) dan fractional laser treatments. IPL dapat meratakan warna kulit Anda sedangkan fractional laser treatments dirancang untuk mencerahkan warna kulit dan mengembalikan tekstur kulit wajah. Untuk garis senyum dan garis marionette bawah mulut, kolagen stimulan (atau dermal filler) menjadi pilihan yang sangat populer. Sedangkan Dr. Gladstone menunjukkan bahwa kelopak mata kendur dan kantung juga muncul saat ini, menyebabkan beberapa perempuan mulai berpikir tentang prosedur bedah.

Usia 50an

Ketika anda memasuki usia 50 perubahan di kulit mungkin lebih dramatis. Otot, lemak, kolagen, dan jaringan tulang mulai menyusut, membuat keriput lebih terlihat. Jika Anda merokok atau memiliki kerusakan akibat sinar matahari yang berlebihan, kerutan dapat menjadi lebih jelas. Bintik-bintik  juga dapat menjadi lebih banyak dan menyebar  ke seluruh tubuh, termasuk tangan Anda. Untuk membantu dengan kerutan dan tanda-tanda penuaan, Dr. Jaliman menyarankan agar Anda terus menggunakan produk retinol, seperti pada 40-an Anda. Laser dapat digunakan menghilangkan bintik-bintik cokelat, tekstur kulit tidak rata serta pori-pori membesar. Banyak perempuan juga memilih untuk mengencangkan kulit dengan Thermage CPT radio frequency untuk mengencangkan kulit kendur. Serum dan pelembap yang dijual bebas mengandung peptida dapat membuat kulit Anda terlihat lebih penuh bila digunakan setiap hari.

Usia 60 ke atas
Setelah mencapai tahun emas Anda, kulit Anda terlihat makin kusam. Hal ini disebabkan kulit mati tidak terkelupas dan menumpuk. Membantu proses pengelupasan itu penting. Pembuluh darah yang pecah dapat muncul di wajah, bintik-bintik cokelat atau hitam mulai bermunculan di sekitar garis rambut dan leher. Elastin dan kolagen terus menurun jumlahnya, dan sel-sel kulit mungkin tidak kenyal, montok, dan lembap seperti dahulu kala. Kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari terus meningkat. "Anda dapat memilih produk yang tidak hanya melindungi terhadap paparan sinar matahari, tetapi juga perbaikan kulit," kata Dr. Jaliman. Dia merekomendasikan tabir surya yang menggunakan teknologi perbaikan DNA untuk menargetkan kerusakan akibat sinar matahari yang ada dan melawan kerusakan akibat sinar matahari di masa depan. Kulit dapat diperkencang dengan Thermage CPT radio frequency. Untuk pembuluh darah rusak dan bintik-bintik cokelat, ada baiknya mulai mempertimbangkan serangkaian perawatan laser. Menstimulasi kolagen melalui suntikan dapat menjadi pilihan bila ingin kulit terlihat penuh lebih lama.



Sumber: RealAge

Tidak ada komentar:

Posting Komentar