Selasa, Oktober 02, 2012

Saat mengiris buah atau sayur, biasanya Anda menemukan biji yang langsung dibuang karena dianggap tidak berguna. Padahal biji dari sayur atau buah tersebut juga bermanfaat bagi kesehatan.
Misalnya saja biji labu. Anda yang sedang berdiet dianjurkan untuk makan biji sayur yang satu ini. Ayo simak manfaat kesehatan biji buah dan sayur lainnya seperti yang dilansir dari Boldsky berikut ini.
Biji labuKarena rendah kalori, biji labu baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Biji labu juga kaya akan zat besi dan zinc yang menguatkan tulang, mencegah osteoporosis, dan batu ginjal. Bukan hanya itu, biji dari sayur yang satu ini pun bersifat anti inflamasi yang memperbaiki pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Biji tomatRasa asam khas pada tomat mengandung banyak manfaat kesehatan. Demikian pula dengan bijinya yang mampu menurunkan tekanan darah, melancarkan sirkulasi darah, dan mengusir racun dalam tubuh. Biji tomat pun berfungsi mencegah penyumbatan pembuluh darah sehingga melindungi jantung Anda. Sedang sembelit? Makan saja biji tomat untuk membersihkan saluran pencernaan.
Biji paprikaMengonsumsi paprika sebaiknya disertai dengan bijinya. Sebab biji sayur yang satu ini kaya akan vitamin A, C, dan K yang ampuh melawan penuaan dan meningkatkan sirkulasi darah sekaligus sistem imun. Biji paprika juga berkhasiat melancarkan pencernaan.
Biji pepayaAnda sudah tahu manfaat kesehatan pepaya, lantas bagaimana dengan bijinya? Rupanya biji buah yang satu ini membantu Anda membersihkan ginjal dari racun, mendetoksifikasi hati, dan melancarkan pencernaan. Punya masalah dengan lambung? Segera nikmati satu sendok biji pepaya. Atau keringkan biji pepaya seperti biji labu. Selain bermanfaat bagi kesehatan, biji pepaya juga membuat kulit lebih halus dan bersinar.
Biji delimaMakan buah delima memang harus bersama dengan bijinya. Sayang beberapa orang membuang ampas biji delima setelah mendapatkan sensasi rasa buahnya. Padahal bagi Anda yang diet, biji delima baik bagi program penurunan berat badan. Selain itu, senyawa polyphenol dalam biji delima juga ampuh mencegah kanker, gangguan jantung, dan tumor.
Itulah berbagai manfaat kesehatan dari biji buah dan sayur yang biasanya dibuang. Mulai sekarang, jangan malas mengonsumsinya ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar