Selasa, April 01, 2014

Mengatur uang yang kita punya itu susah susah gampang, susah kalau kita tidah benar-benar menyempatkan waktu untuk menyisihkan sedikit uang yang kita peroleh.Gampang sekali kalau kita memiliki banyak uang dan menyempatkan menabung. Ingat saja kata pepatah "sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit." Berikut ini saya akan menyajikan beberapa tips mengelola keuangan.

1. Hemat
Biasakan anda memiliki sifat hemat dan mampu mengelola keinginan.
berhemat, irit bukan berarti pelit dalam membelanjakan uang kita. Tapi prioritaskan keuangan sesuai dengan kebutuhan yang paling utama sampai kebutuhan tambahan. contohnya jika setiap hari diberi uang saku Rp 10.000,- pergunakan sebagian uangmu untuk membeli kebutuhan sekolah seperti alat-alat tulis dan fotokopi, baru sisihkan setiap harinya Rp 2.000,- untuk ditabung. jika kalian menabung Rp 2.000,- sehari artinya simpanan uangmu setelah seminggu menjadi Rp 14.000,-. Kalau sebulan berapa ya? Tinggal dikalikan saja Rp 14.000,- x 4 minggu jumlahnya Rp 56.000,-/bulan lumayan kan.
Pergunakan uangmu untuk hal-hal yang penting dan mendesak (bukan mendesak untuk foya-foya di ajak jajan ya?). Usahakan setiap hari membawa bekal jadi kamu tidak perlu jajan menghabiskan jatah tabunganmu

2. Menabung

3. Investasi
Investasi berupa apa ya? investasi itu tidak hanya barang berharga seperti emas, berlian, intan, mutiara, dll. investasi juga bisa berupa buku pelajaran. Karena dengan investasi buku, pengetahuan akan bertambah dan semua kemungkinan yang lain akan muncul, seperti dengan membeli buku resep masakan jadi ahli masak, dan bisa jualan makanan kecil-kecilan. kalo tabungan dirasa sudah cukup banyak baru dibelanjakan uang untuk membeli perhiasan yg memiliki nilai jual yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar