Jumat, September 26, 2014


Lambung merupakan  organ yang bekerja dalam proses pencernaan makanan. Setiap makanan yang telah kita makan tidak dapat langsung diserap oleh tubuh melainkan harus mengalami proses pencernaan daun penghancuran agar makanan menjadi lembut dan mudah diserap oleh tubuh. Protein, lemak, dan karbohidrat merupakan bahan utama makanan.Ketiganya itu membawa energi yang di perlukan oleh tubuh kita. Fungsi pencernaan tubuh kita adalah dengan cara teratur mencerna ketiganya. Pencernaan Ketiganya dilakukan dilaju yang berbeda.
Pencernaan Karbohidrat memakan waktu yang tercepat, sedangkan pencernaan Lemak membutuhkan waktu yang paling lama. Pencernaan untuk Protein memakan waktu medium. 
 
Keterangan:
Lambung:
1) Esofagus                     6) Lambung mukosa
2) Kardia                        7) Tubuh perut
3) Fundus                       8) Pilorik antrum
4) Selaput lendir             9) Pilorus
5) Otot lapisan              10) Usus dua belas jari (duodenum)



Di dalam lambung, makanan dicerna dengan bantuan enzim pepsin yang berfungsi mengubah protein menjadi pepton. Di dalam lambung terdapat asam klorida yang berfungsi untuk membunuh kuman penyakit dan mengaktifkan pepton. Makanan yang telah dicerna di lambung akan berubah menjadi halus dan bergerak menuju usus halus

Usus halus merupakan tempat penyerapan makanan. Usus halus terdiri dari 3 bagian, yaitu usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerap. Di dalam usus halus sendiri terdapat 2 proses pencernaan, yaitu proses pencernaan kimiawi dan proses penyerapan makanan. Di dalam usus dua belas jari terdapat getah pankreas yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas. Getah pankreas mengandung enzim amilase, tripsin, dan lipase. Proses penyerapan sari makanan terjadi di usus penyerapan. Di dalam usus penyerapan terdapat vili yang banyak mengandung pembuluh darah. Vili ini yang menyerap sari makanan.

Setelah melewati usus besar, sisa makanan akan masuk ke usus besar dan mengalami pembusukan. Proses pembusukan ini dibantu oleh bakteri escherichia coli. Setelah itu, sisa makanan dikeluarkan melalui anus dalam bentuk tinja.
 
Apa Keuntungan Makan Makanan Bertepung?
Semua makanan nabati dan beberapa makanan hewani merupakan kombinasi dari karbohidrat, protein, dan lemak. Misalnya kacang polong, yang memiliki sedikit protein dan jagung sedikit lemak.
Menelan adalah sebuah proses yang sangat mudah, namun itu adalah aksi filosofi yang sangat rumit.
Diperlukan Kordinasi oleh lebih dari 30 otot untuk Menelan. 
Kebiasaan Buruk berkaitan dengan waktu makan, bukan apa yg kita makan saja tapi juga kapan kita makan. Pencernaan yang baik akan bekerja jika diberikan waktu untuk mencerna makanan sebelum makanan berikutnya tiba.

Cara Kerja Lambung terhadap Makanan?

Sebagian saja pencernaan terjadi di lambung, sisanya di cerna di dalam mulut dan juga usus.
Cara Kerja Asam Basa dan Pencernaan di Asam Lambung?
3 fungsi lambung:

  • Memecah partikel makanan oleh kerja otot.
  • Membawa massa makanan pada konsistensi yang dperlukan dgn menambah atau menyerap cairan
  • Membawa isi lambung ke derajat keasaman tertentu
Ketika isi lambung masuk ke dalam usus, makanan itu menjadi bersifat alkal oleh getah yang  di perlukan pankreas.

Makanan yang menganggu Fungsi Pencernaan.
Lemak merupakan makanan pengganggu paling buruk, tubuh tidak mudah mencerna lemak langsung sebelum lemak di ubah menjadi alkali juga di emulsi oleh getah – getah usus. Kurangi Makan Makanan Berlemak untuk membantu funsi Pencernaan Anda. 

Pola Makan Atau Diet yang Idea?
Makanan-makanan ringan di antara jam makan mengganggu proses pencernaan mengganggu proses pencernaan yang teratur dan memberi tekanan pada lambung. Masalah pencernaan akan ringan bila lambung di berikan makanan sederhana. Idealnya waktu makan hatrus berjarak empat jam sampai lima jam.

Apa yang Boleh Dimakan Diantara Jam Makan?
Minumlah air putih, karena air tidak perlu dicerna dan hanya lewat saja. Pilihlah sepotong buah segar atau sayuran mentah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar