Kamis, Januari 08, 2015

Cumi.... Cuma minjem begitu kata iklan di Tv tapi cumi yang akan kita bahas saat ini cumi beneran lo, namanya berulang kayak orang cina, yang namanya cung cung. Nah kalo hewan laut satu ini namanya Cumi Cumi. Hewan ini memiliki ciri khusus menghasilkan tinta yang bertujuan untuk menyelamatkan dirinya dari serangan musuh saat berada dilingkungan berbahaya. Dilihat dari ukuran nya cumi memiliki beberapa ukuran berbeda ada yang kecil, sedang ,  bahkan yang besar. Cumi-Cumi memiliki nama latin Mastigoteuthis flammea yang termasuk kedalam famili Cephalopoda. Hewan ini memiliki tantakel yang digunakan untuk mengambil makanan dan berenang, hewan ini berenang bergerak mundur. Berbeda dengan kerabatnya yang memiliki bentuk hampir menyerupai cumi yaitu sotong, sotong berenang dengan gerakan maju.

cumi-cumi tergolong ke dalam hewan invertebrata(hewan tidak bertulang belakang). Tubuh cumi-cumi tergolong kedalam tubuh bidatang lunak, tubuhnya tidak dilindungi oleh tulang, hanya ada ada selaput bening kaku yang menopang disisi tubuh bagian atas. Sirip cumi-cumi merupakan 2 perluasan matel seperti cuping yang digunakan sebagai kemudi pergerakannya. Matanya memiliki kelopak mata,  namun tampak seperti mata manusia.
Cumi-cumi mempunyai 3 jantung dan berdarah biru. Dua dari jantung mereka berlokasi dekat dengan masing-masing insangnya dan karena hal itu mereka dapat memompa oksigen ke bagian tubuh yang beristirahat dengan mudah.

Cumi-cumi memiliki pokok sistem pernafasan senyawa tembaga, berbeda dengan manusia dimana manusia mempunyai pokok sistem pernafasan senyawa besi, yang berakibat jika terlalu tertutup pada permukaan di mana terdapat air panas, cumi-cumi dapat mati dengan mudah karena mati lemas.

Banyak cumi-cumi yang dapat merubah warna tubuhnya dari coklat menjadi ungu, merah, atau kuning sebagai kamuflase terhindar dari ancaman pemangsanya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar