Sabtu, April 04, 2015

Siapa yang sering minum jus? ayo angkat tangannya.
Iya adakah dari kalian yag belum tau atau belum pernah minum jus,  jus adalah salah satu minum segar yang dibuat dari buah asli. Buah dicuci bersi diambil daging buah, dan air perasannya.Indonesia kaya sekali dengan buah-buahna yang beraneka warna, rasa, dan nama, buah ini ada yang beracun ada pula yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. contohnya buah apel, pepaya, wortel, tomat, mentimun, melon, kiwi, buah naga, jeruk, jamu biji, alpukat, durian, dan masih banyak lagi. Tanaman ini kebanyakan merupakan tanaman musiman, jika musim buah jumlahnya sangat banyak.

Sebagai usaha mengolah makanan kedalam bentuk baru, dibutuhkan, kreatifitas, keuletna dan ketelitian. Salah satu bentuk usaha mengolah buah-buahan ini adalah dengan membuat jus.. Minuman segar dari buah asli yang diblender dengan tambahan gula, susu, ceress, sirup, dan es. bisa juga di mix agar rasanya lebih menarik. Saat ini kita akan membahas tentang jus jeruk.

jus jeruk terbuat dari campuran sari jeruk air dan es, yang dicampur. berikut ini ada percobaan yang berhubungan dengan Jus Jeruk. jika kita memiliki jus jeruk dan diletakkan di dalam gelas. Kemudian gelas ditutup dengan kartu pos, lalu gelas tersebut kita balik.  dan lepaskan tangan perlahan-lahan
apakah yang akan terjadi?
jus akan tumpah, jus akan tumpah meskipun kita melepaskan tangan , atau jika kita tidak melepaskan tangan tidak akan tumpah.

jawabannya adalah
jus tidak akan tumpah meskipun kita melepaskan tangan.
karena kekuatan atmosfer yang menekan kartu pos dari bawah ke atas lebih besar daripada kekuatan jus didalam gelas yang menekan kartu pos.

Saat gelas di balik, kartu pos tertekan dari bawah oleh tenaga udara. Tenaga udara ini disebut tekanan atmosfer. Di dalam gelas jus menekan kartu pos dari atas ke bawah, tetapi karena tekanan atmosfer yang menekan kartu pos dari bawah ke atas lebih besar maka jus tidak akan jatuh. Kemudian pada air dan jus terdapat kekuatan yang menarik zat sehingga jus akan sulit tumpah karena kartu pos menekan dan menempel dengan baik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar