Selasa, Maret 24, 2020

Hari / Tanggal     : Selasa / 24 Maret 2020
Materi

BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN 

Setiap tumbuhan memiliki bagian-bagian dan fungsi-fungsi tertentu. Bagian-bagian tumbuhan meliputi akar, batang, daun, bunga, buah dan biji.

1.   Akar
      Akar merupakan bagian tumbuhan yang tumbuh di dalam tanah. Secara umum, jenis akar ada dua, yaitu akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut dimiliki oleh tumbuhan berkeping satu, contohnya padi dan jagung. Akar tunggang dimiliki oleh tumbuhan berkeping dua, contohnya mangga dan jambu.
Fungsi akar di antaranya sebagai berikut:
a. Menyerap air dan zat hara dari dalam tanah,
c. Menguatkan berdirinya tumbuhan pada tempat tumbuhnya, dan
c. Menyimpan cadangan makanan.
Ada beberapa bentuk akar lain pada tumbuhan tertentu, misalnya akar gantung pada pohon beringin, akar napas contohnya pada pohon bakau jenis api-api, dan akar tunjang pada pohon pandan.

2.   Batang
      Batang adalah bagian tumbuhan yang berada di atas tanah. Fungsi batang antara lain:
a. menyalurkan iar, zat hara, dan zat makanan ke seluruh bagian tumbuhan,
b. tempat tumbuhnya daun, bunga, serta buah,
c. tempat menyimpan cadangan makanan (pada beberapa jenis tanaman tertentu, misalnya tanaman tebu).
Tumbuhan ada yang memiliki batang berkayu, seperti pohon jati. Selain itu, ada juga batang basah dan berongga, seperti bayam, seledri, dan jagung.

3.   Daun
      Daun berfungsi sebagai tempat fotosintesis. Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan dengan bantuan energi cahaya matahari. Selain itu, daun juga berguna sebagai tempat penguapan air dan sebagai alat pernapasan pada tumbuhan. Daun dapat dibedakan berdasarkan bentuk tulang daunnya, misalnya sebagai berikut:
a. Bentuk tulang daun menyirip

b. Bentuk tulang daun menjari

c. Bentuk tulang daun sejajar


4.   Bunga, Buah dan Biji
      Bunga memiliki peran penting dalam perkembangbiakan tumbuhan karena pada bunga terdapat alat-alat perkembangbiakan, yaitu putik dan benang sari. Bunga tersusun atas beberapa bagian, yaitu mahkota, kelopak, tangkai, putik, dan benang sari.
Buah dan biji merupakan bagian tumbuhan hasil dari perkembangan bunga. Putik yang telah diserbuki oleh serbuk sari akan tumbuh menjadi biji. Biji dilindungi oleh daging buah. Buah dari setiap tumbuhan memiliki bentuk yang beragam.



SEKIAN DAN TERIMA KASIH...
SEMOGA BERMANFAAT...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar