Rabu, April 22, 2020

Hari / Tanggal        : Rabu/ 22 April 2020
Materi

Penerapan Sifat-Sifat Cahaya

Mata dapat melihat dengan jelas benda-benda yang ada di sekitar karena adanya cahaya. Cahaya yang sampai ke mata kita berasal dari sumber cahaya. Pada halaman ini, idschool akan menyampaikan materi tentang sifat cahaya pada kehidupan sehari-hari. Sumber cahaya tersebut dapat berupa api, lampu, senter, matahari, dan lain sebagainya. Cahaya merupakan gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang tidak memerlukan medium perantara. Cahaya nampak berwana putih, namun sebenarnya terdiri dari berbagai warna (polikromatis).
Matahari adalah sumber cahaya paling besar yang ada di bumi. Kecepatan cahaya matahari mencapai 3,00 \times 10^{8} \; m/s. Ilmu tentang cahaya yang berkaitan dengan pemantulan dan pembiasan dibahas dalam materi optik geometrik. Pembahasan lebih lanjut mengenai sifat-sifat cahaya pada kehidupan sehaari-hari dapat dilihat pada penjelasan di bawah. Lanjut simak pembahasan sifat cahaya pada kehidupan sehari-hari sampai akhir yaa!

Cahaya Dapat Dipantulkan

Cahaya dapat memantul jika mengenai benda yang mengkilap. Cermin memiliki permukaan yang halus dan mengkilap, sehingga dapat memantulkan cahaya dengan paling sempurna. Ada dua jenis pemantulan yaitu pemantulan teratur dan pemantulan baur. Pemantulan teratur terjadi apabila cahaya mengenai benda yang permukaannya rata, licin, atau mengkilap. Pantulan sinar pada pemantulan teratur memiliki arah pantulan yang teratur. Sedangkan Pemantulan baur terjadi apabila cahaya mengenai permukan yang tidak rata atau kasar. Pantulan cahaya atau sinar pada pemantulan baur tidak beraturan.

Pemantulan Teratur dan Pemantulan Baur

Cahaya Menembus Benda Bening

Salah satu sifat cahaya selanjutnya adalah cahaya dapat menembus benda bening. Contoh benda bening adalah kaca, air jernih, plastik bening, dan lain sebagainya. Pembuktian bahwa cahaya dapat menembus benda bening dapat dilihat dari sinar atau cahaya dari lampu senter yang diarahkan pada benda bening. Cahaya tersebut dapat melalui benda bening, sehingga cahaya atau sinarnya terlihat menembus benda bening tersebut.

Cahaya menembus benda bening

Cahaya Dapat Dibiaskan

Jika cahaya merambat melalui dua zat yang memiliki kerapatan yang berbeda maka cahaya tersebut akan dibelokkan. Peristiwa pembelokan cahaya setelah melewati media rambatan yang berbeda itulah yang disebut dengan pembiasan. Pernahkan kalian mengamati pensil yang dimasukkan dalam sebuah gelas berisi air? Sebuah pensil yang dimasukkan ke dalam sebuah gelas akan terlihat patah. Hal ini terjadi karena pensil tersebut melalui dua zat yang berbeda. Zat pertama adalah udara, sedangkan zat kedua adalah air.

Sifat Cahaya

Cahaya dapat Diuraikan

Warna cahaya matahari yang biasa kita lihat tampak berwana putih. Sebenarnya cahaya matahari tersusun dari cahaya dengan berbagai warna (polikromatis). Bukti dari cahaya matahari yang disusun dari berbagai warna dapat dilihat pada terbentuknya pelangi. Biasanya, pelangi akan terlihat sehabis hujan. Pelangi tersebut terbentuk dari cahaya matahari yang mengalami pembiasan oleh titik-titik air hujan. Urutan warna pelangi yang biasa dilihat adalah merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Urutan tersebut terbentuk berdasarkan besar nilai gelombang yang dimiliki oleh tiap-tiap warna.

Cahaya Dapat Diuraikan

Sekian pembahasan mengenai sifat-sifat cahaya pada kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar