Selasa, November 17, 2020

Hari / Tanggal            : Selasa / 17 November 2020
Laboratorium Sains
Materi

KONDUKTOR DAN ISOLATOR



1.Konduktor

   Tahukah kalian bahan konduktor digunakan untuk mempercepat aliran panas pada suatu benda.
Berikut adalah kegunaan bahan konduktor


  • Manusia menggunakan bahan konduktor untuk memindahkan panas dengan cepat. Selain itu juga untuk mendinginkan benda dengan lebih cepat.
  • Kumparan atau lilitan radiator di bagian belakang lemari esdibuat dari tembaga. Alasannya, agar panas dapat cepat dialirkan dari lemari es ke udara sekelilingnya.
  • Alat-alat memasak seperti panci dan penggorengan dibuat dari aluminium, baja atau teflon. Dengan demikian, panas dapat dialirkan dengan cepat dari api ke masakan. 
     Jadi intinya Benda Konduktor adalah benda yang dapat atau cepat menghantarkan panas. Jika benda ini terkena api, air panas, atau sinar matahari disalah satu bagian, dapat meneruskan panas kebagian lainnya.
  
2.Isolator

            Isolator panas adalah benda yang tidak dapat menghantarkan panas dengan baik. Benda ini, jika terkena api, air panas, atau sinar matahari disalah satu bagian, tidak dapat atau lambat meneruskan panas kebagian lainnya.


contoh kegunaan Konduktor dan Isolator panas:




    Tahukah Kamu?

   
Ketika kamu memegang logammaka akan terasadingin. Hal inidisebabkan logammerupakankonduktor yang baikmaka panas tubuhdari tanganmu akan berpindah ke logam.Jadi, bukan logam yang terasa dingin,tetapi tangan kamu yang kehilanganpanas tubuh sehinggamenjadi dingin.

    


BAHAN PEMBUAT KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS

Benda yang ada di sekitar kita terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Ada yang terbuat dari kayu, logam, kain, plastik, dan lain sebagainya. Bahan inilah yang menentukan kemampuan benda dalam menghantarkan panas. Kemampuan benda untuk menghantarkan panas berbeda karena sifat yang dimiliki bahan yang menyusunnya juga berbeda.

1. Logam
Logam adalah bahan yang memiliki sifat keras dan mengkilat, serta tahan terhadap suhu yang sangat tinggi. Logam juga dapat menghantarkan panas dengan baik, sehingga logam termasuk bahan konduktor. Beberapa jenis logam yang mampu menghantarkan panas dengan baik adalah besi, baja, aluminium, tembaga, kuningan, dan nikel.

    Contoh benda logam:

2. Kaca
Ketika hujan turun dan udara sangat dingin, kalian dibuatkan segelas susu panas. Apakah kaca juga termasuk logam yang dapat menghantarkan panas? Kaca memang dapat menghantarkan panas. Namun, kaca bukanlah logam. Kemampuan kaca dalam menghantarkan panas berbeda dengan logam. Logam lebih baik dalam menghantarkan panas jika dibandingkan kaca.


Contoh benda kaca:


3. Kayu
Semua bagian pohon dapat dimanfaatkan, termasuk kayu. Kayu dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam benda. Kayu adalah bahan yang kuat dan tidak dapat menghantarkan panas dengan baik. Berarti, kayu merupakan isolator yang baik. Sifat isolator ini dimanfaatkan untuk membuat pegangan pada penggorengan dan panci masak.

Contoh benda kayu:





SEKIAN DAN TERIMAKASIH...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar