Rabu, Oktober 17, 2012

Seorang pemuda menemukan Alquran yang diklaim sebagai tertua di dunia. Kitab suci umat Islam tersebut ditemukan di sebuah gua di dalam gunung yang terletak di sebelah selatan kota Dhale, Yaman.

Alquran Tertua/worldbulletin.net
Pemuda yang disebutkan namanya itu menemukannya saat tengah mendaki gunung. Menurutnya, Alquran tersebut ditemukan dalam keadaan terbungkus sampul kulit.

Di halaman pertama Alquran, terdapat tulisan yang menyatakan bahwa kitab ini ditulis tangan pada tahun 200 hijriyah (815 masehi). Setelah diuji keasliannya, manuskrip Alquran ini dinyatakan autentik alias asli berdasarkan jenis tulisan yang digunakan. Tulisan dalam Alquran ini dinyatakan sebagai tulisan Arab lama, karena tidak ada titik-titik yang terdapat dalam abjad Arab yang digunakan saat ini.
Meski ditawari uang  uang sebesar 12 juta riyal Yaman atau sekitar Rp538 juta, pemuda ini menolak untuk memberikannya. Dia memilih untuk menyimpannya.
Selain Alquran, pemuda ini juga menemukan pedang Zulfikar, yang merupakan hadiah dari Nabi Muhammad SAW untuk khalifah Islam keempat Ali bin Abi Talib yang juga merupakan menantunya.(rei)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar