Rabu, Oktober 17, 2012

Jagung yang sering digunakan sebagai pelengkap sayuran ternyata memiliki manfaat yang menakjubkan. Selain rasanya yang enak karena mengandung unsur manis, ia menyimpan khasiat yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Pantaslah jika jagung atau tepung jagung menjadi salah satu dari sereal paling populer di dunia yang membentuk makanan pokok di banyak negara termasuk Amerika Serikat. Dan yang menariknya, seluruh bagian buah jagung ini bisa diambil manfaatnya untuk pengobatan. 
Jagung yang satu ini warnanya ungu gelap kehitaman. Konon rasanya tidak berubah dari rasa jagung biasanya, hanya saja warnanya memang berbeda.
Saat ini jagung ini hanya tumbuh dan dikembangkan di daerah Peru dan Cili, di mana warna ungunya disebabkan oleh kandungan antosianin (sejenis flavonoid) yang juga merupakan zat anti diabetes.
Jagung dengan nama latin Zea mays L ini  bisa membantu menyembuhkan penyakit diabetes dan penyakit ginjal. Konsumsi jagung ini secara teratur dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.
Zat gizi penting apa yang terkandung dalam jagung ungu? Jagung yang berasal dari daerah Peru, Amerika Selatan ini kaya akan kandungan asam penolik dan antosianin. Nah, antosianin ini nih yang memberikan warna ungu ke jagung.

Selain kandungan kalori yang dimilikinya, jagung juga kaya akan vitamin A, B, E dan mineral. Kandungan vitamin pada jagung bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf, fungsi kognitif, antioksidan alami, mencegah cacat bayi, anti-diare, pemeliharaan kulit, mencegah anemia dan lain-lain. Sedangkan kandungan mineral fosfor yang terdapat pada jagung sangat berguna untuk pemeliharaan pertumbuhan normal, kesehatan tulang dan fungsi ginjal normal. Mineral magnesiumnya dibutuhkan untuk mempertahankan denyut jantung normal dan untuk kekuatan tulang. Kandungan mineral lainnya pada jagung adalah mangan, seng, besi, tembaga serta selenium.
Jagung ini banyak dikonsumsi dalam bentuk jus. Tapi, kayaknya memang masih belum dikenal luas oleh masyarakat kita.. Jadi, masih agak sulit ditemukan.
Selain berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit diabetes dan ginjal, jangung ini juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan, dan melancarkan peredaran darah loh.. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa jagung ini juga memiliki kemampuan untuk membunuh kanker seperti kanker payudara, kanker liver, yaitu sekitar 20%.


Antioksidan yang sangat banyak terdapat pada jagung bermanfaat untuk melawan kanker yang disebabkan oleh radikal bebas. Bahkan, proses memasak dapat meningkatkan zat antioksidan dalam jagung manis. Jagung merupakan sumber yang kaya akan senyawa fenolik asam ferulic, agen anti-kanker yang telah terbukti efektif dalam memerangi tumor pada kanker payudara dan kanker hati. Anthocyanin yang ditemukan pada jagung ungu juga bertindak sebagai penghancur radikal bebas penyebab kanker.
 

Jagung yang masih muda saja sudah berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit, seperti penyakit batu ginjal, batu empedu dan tekanan darah tinggi. Air rebusan tongkol dan rambut jagung muda dapat melarutkan batu ginjal. Selain itu, seduhannya juga berguna mengobati penyakit batu empedu, dan tekanan darah tinggi. Terima kasih telah membaca artikel ini, mohon untuk diberi rating.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar