Kamis, Oktober 04, 2012

Jurnal KeSimpulan.com - DNA laki-laki ditemukan dalam otak perempuan. Anak-anak hidup di dalam otak ibu selama beberapa dekade dan bukan sekedar sebagai kenangan.

Ibu selalu memiliki anak-anak mereka. Sekarang tampaknya hal ini benar secara harfiah. DNA janin masuk ke otak ibu dan tetap berada di sana selama beberapa dekade. Para ilmuwan menemukan sekantong DNA laki-laki dalam jaringan otak perempuan yang meninggal di tahun 70-an.

Penelitian sebelumnya pada tikus mengisyaratkan sel-sel asing dapat mengintegrasikan diri ke dalam otak dan mulai berfungsi sebagai sel-sel saraf.

DNA asing dalam otak mungkin penjelasan yang mungkin mengapa gangguan neurologis lebih sering terjadi pada wanita yang telah memiliki anak.

J. Lee Nelson dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle dan rekan melakukan otopsi 59 otak perempuan, 33 di antaranya memiliki Alzheimer. DNA yang ditemukan membuat salinan lebih banyak, mereka mencari keberadaan kromosom Y laki-laki.

Tapi sejauh ini, sel-sel janin muncul dalam darah, liver, paru-paru, jantung dan organ wanita lainnya yang disebut fetal microchimerism. Kehadiran sel-sel janin dalam tubuh ibu memungkinkan sistem kekebalan tubuh dapat mengenali sel-sel anaknya.


"Dari segala sesuatu yang kita tahu, ini tidak benar-benar mengejutkan," kata Kirby Johnson, genetikawan Tufts University di Medford, Mass.

Yang menarik bagaimana DNA bisa sampai ke sana. Sel janin pria bisa menembus penghalang darah otak. Jika DNA laki-laki berasal dari janin selama kehamilan, maka materi genetik terjebak di dalam otak selama beberapa dekade setelahnya.

"Mungkin ini berperan untuk seumur hidup," kata Nelson.

http://jurnal.kesimpulan.com/2012/10/otak-perempuan-menyimpan-dna-laki-laki.html

2 komentar:

  1. Sob, Breadcrumb navigasinya sudah bisa gitu lo....

    BalasHapus
  2. iya mas.. saya kira diatas .. ga taunya di bawah.. oh iya mas kalo untuk widget recent post yg ada di blog saya.. gimana mas benerinnya ko acak2 kan ya

    BalasHapus