Senin, April 08, 2019


Artikel ini bertujuan mengetahui Urgensi Laboratorium Dalam Pembelajaran Sains pada siswa dan guru dan pembelajaran,pengembangan praktik pada laboaratorium,dalam melaksanakan pembelajaran praktik di laboratorium dengan judul artikel ini”Urgensi Laboaratorium Dalalm Pembelajaran Sains. Melalui pembelajaran dan pemafaatan laboratorium untuk praktik pada Sains mata pelajaran Biologi..”Data dikumpulkan dengan teknik survei dan mengunakan angket guru serta siswa dalam bentuk pertanyaan.Laboratorium perpaduan antara pembelajaran dikelas dan laboratorium personal,keilmuan,teknologi,sosial,dan spiritual yang secara kafah membentuk pembelajaran menyenagkan.Laboratorium merupakan suatu tempat dimana percobaab dan penyelidikan dilakukan.Dalam pengertian sempit laboratorium sering diartikan sebagai tempat yang berupa gedung yang dibatasi oleh dinding dan atap yang didalamnya terdapat sejumlam alat dan bahan pratikum.Dalam pembelajaran biologi laboratorium dapat berupa ruang terbuka misalnya kebun botani.Namun dalam tulisan ini pengelolaan laboratorium hanya dibatasi pada laboratorium berupa ruang tertutup yang ada disekolah menengah atas.Teknik pengembangan praktik diberikan untuk melatih keterampilan siswa dalam memahami pembelajaran melalui contoh kongrit dan sesuai kebutuhan siswa.Contoh pembelajaran akan menjadi acuan bagi siswa dalam memhami teori sesuai kebutuhan siswa dijenjang pendidikan.Semestinya guru motivasi untuk mengembangkan diri pada pembelajaran sesuai materi yang diterima dengan ide-ide sendiri sehingga menghasilkan karya dan pembelajaran yang berkualitas.
Kata Kunci :Urgensi,Laboratorium,Pembelajaran Sains

PENDAHULUAN
I.Latar Belakang
Laboratorium merupakan suatu tempat dimana percobaab dan penyelidikan dilakukan.Dalam pengertian sempit laboratorium sering diartikan sebagai tempat yang berupa gedung yang dibatasi oleh dinding dan atap yang didalamnya terdapat sejumlam alat dan bahan pratikum.Dalam pembelajaran biologi laboratorium dapat berupa ruang terbuka misalnya kebun botani.Namun dalam tulisan ini pengelolaan laboratorium hanya dibatasi pada laboratorium berupa ruang tertutup yang ada disekolah menengah atas.Dalam pembelajaran sains kegiatan laboratorium merupakan bagian integral dari kegiatan pembelajaran pada umumnya IPA dan Biologi.Hal ini menunjukan betapa pentingnya peranan kegiatan laboratorium untuk mencapai tujuan pembelajaran sains.Woolnough dan Allsop(dalam Nuryani Rustaman,1995)mengemukakan empat alasan mengenai pentingnya pratikum sains.Pertama pratikum membangkitkan motivasi belajar sains.

1 komentar: