Rabu, Juli 31, 2019

1.  AYAM




Ayam adalah salah satu jenis unggas yang banyak dipelihara oleh manusia. Ayam memiliki 2 kaki. Hewan tersebut bernapas dengan paru-paru. Bagian luar tubuhnya ditutupi oleh bulu. Ayam berkembang biak dengan cara bertelur. Tahapan pertumbuhan ayam dimulai dari telur yang menetas menjadi anak ayam kemudian tumbuh dan berkembang menjadi dewasa. Saat dewasa, ada perbedaan ciri tubuh antara ayam jantan dan ayam betina. Pertumbuhan ayam dipengaruhi beberapa faktor. Agar tumbuh dan berkembang dengan baik, ayam perlu diberi makan, minum, dan vitamin dengan teratur.



2.  BURUNG
Salah satu hewan yang juga berkembang biak secara bertelur seperti ayam adalah burung. Burung bertelur disarangnya. Induk burung menghangatkan dan melindungi telur hingga menetas. Setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangan burung memiliki ciri yang berbeda. 



3.  IKAN


Image result for gambar tahapan pertumbuhan dan perkembangan ikan

Salah satu hewan yang juga berkembang biak dengan cara bertelur adalah ikan. Ikan hidup di air sehingga bagian-bagian tubuhnya memiliki ciri khas yang sesuai dengan lingkungannya. Ciri khas tersebut antara lain bernapas dengan insang, seluruh tubuhnya ditutupi sisik, dan bergerak dengan sirip. Ikan ada yang hidup di air tawar maupun air laut. Ikan dapat bertelur sampai ribuan dalam sekali waktu. Telur ikan menetas menjadi larva. Larva kemudian berkembang menjadi ikan kecil. Ikan kecil tumbuh menjadi ikan dewasa.


4. KUPU-KUPU


Image result for gambar tahapan pertumbuhan dan perkembangan kupu-kupu

Kupu-Kupu bertelur di daun. Setelah beberapa hari, telur akan menetas menjadi ulat (larva). Ulat memakan daun hingga bertambah besar. Ulat berhenti makan untuk beberapa saat dan membuat lapisan yang menutupinya. Tahap ini disebut pupa (kepompong). Setelah satu atau dua hari, seekor kupu-kupu keluar dari kepompong. Begitu seterusnya hingga membentuk suatu siklus atau daur yang berulang-ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar