Kamis, Agustus 01, 2019

Permainan bola memerlukan banyak gerakan, seperti berjalan, berlari, menendang, dan melempar. Hampir semua bagian tubuh aktif. Tentunya hal ini mengharuskan semua organ gerak dalam tubuh, baik itu otot ataupun tulang, bekerja dengan baik.

Organ gerak pada manusia dan hewan memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan sehingga membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak. Berikut gambar rangka beserta penjelasannya:




Sistem Gerak (Rangka/Tulang)

Fungsi utama rangka/tulang adalah menegakkan tubuh. Tulang dapat menjadi alat gerak karena adanya otot, yang berperan sebagai alat penggeraknya. Dalam tubuh manusia, jumlah tulang yang dimiliki adalah \pm 206 ruas tulang. Terdiri atas variasi ukuran dan bentuk. Penyusun tulang adalah kalsium, berbentuk garam yang melekat dengan bantuan kolagen.
Pembahasan materi di sini meliputi fungsi rangka, pengelompokan rangka, dan struktur rangka.

Fungsi rangka:

  1. Alat gerak pasif
  2. Pembentuk dan penegak tubuh
  3. Tempat melekatnya otot
  4. Pelindung bagian tubuh yang penting
  5. Tempat pembentukkan sel darah merah 
Susunan Rangka
Susunan rangka dikelompokkan menjadi rangka aksial (sumbu tubuh) dan rangka apendikular (anggota tubuh). Rangka aksial meliputi tengkorak, tulang belakang, tulang dada, dan tulang rusuk. Sedangkan rangka apendikular meliputi tulang bahu, tulang panggul, tulang anggota gerak atas, dan tulang anggota gerak bawah. Masing-masing bagian akan ditunjukkan melalui gambar-gambar di bawah.
  1. Rangka aksial (sumbu tubuh) Rangka aksial meliputi tengkorak, tulang belakang, tulang dada, dan tulang rusuk.
    • Tengkorak tulang tengkorak
    • Ruas Tulang Belakang
      ruas tulang belakang
    • Tulang Dada dan Tulang Rusuk
      tulang dada dan tulang rusuk
  2. Rangka Apendikular (Anggota Tubuh) Rangka apendikular meliputi tulang bahu, tulang panggul, tulang anggota gerak atas, dan tulang anggota gerak bawah.
    • Tulang Bahu tulang bahu
    • Tulang Panggul tulang panggul
    • Tulang Anggota Gerak Atas tulang anggota gerak atas
    • Tulang Anggota Gerak Bawah tulang anggota gerak bawah

Persendian
Persendian dibedakan menjadi 3 (tiga), yaitu sendi mati (inartrosis), sendi kaku (amfiatrosis), dan sendi gerak (diartrosis). Semua jenis sendi melakukan fungsinya sebagai penghubung antar tulang (rangka) dan tersebar di seluruh tubuh.


Sistem Gerak Otot
Otot menempel pad
a rangka (tulang) dan berperan untuk menggerakkan tulang. Cara kerja otot dibedakan menjadi sadar dan tidak sadar, tergantung dari jenis otot. Jenis otot tersebut meliputi otot polos, otot lurik, dan otot jantung. Gerak yang dilakukan otot dapat berupa gerak sinergis dan gerak antagonis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar